bersekolah di rumah? siapa takut!

Ashima sudah memasuki usia 3,5th. Sebenarnya keinginan homeschooling (HS) sudah cukup membara sejak Ashima berusia 2th. Namun alhamdulillah, karena dikaruniai kehamilan yang kedua, akhirnya keinginan terpaksa ditunda. Keinginan HS sejak dini tentunya ingin menyesuaikan dengan usianya seperti menekankan pada life skill dan kemandirian. Calistung “NO” untuk usia balitanya, kecuali dia sendiri yg bersemangat. Ingat kan?

Dulu jaman ibunya ini lulus TK, bisa hafal A-Z saja sudah prestasi hebat di masanya. Toh, SD kelas 1 juga bisa cepat belajar menulis dan membaca. Prihatin saya, melihat anak TK jaman sekarang yang sudah terbebani harus bisa baca-tulis. Saya mengalami sendiri, bagaimana mengajarkan anak usia TK yang dituntut harus bisa membaca “plus” memahami isi bacaan. Wow! Luar biasa!
Akhirnya di usia 2th saya hanya mengajarkan Ashima mengenal informasi pribadi seperti nama lengkapnya, nama panggilannya, nama ayah-ibunya, nama kakek-neneknya, alamat rumahnya, berapa usianya. Ditambah hafalan surat termudah: al-fatihah, an-nas, al-falaq dan al-ikhlash. Untuk saat ini al-falaq adalah surat yg belum juga dia hafal dengan sempurna. Karena dia hafal sebagian ayat kursi, maka saya pun mengajarkannya surat tersebut. Butuh waktu untuk menyempurnakan al-fatihahnya. Sedangkan al-ikhlash dan an-nas alhamdulillah cukup singkat. Doa yang sudah dihafalnya: doa hendak tidur-bangun tidur, memakai baju, hendak makan, keluar-masuk kamar mandi.
Setelah Ramadhan tahun ini, insyaallah sedang mengumpulkan keberanian untuk mulai HS sendiri sembari menunggu Syaamila lebih mandiri. Semoga kita akan menghadapi sekolah yang menyenangkan bersama ya, Nak.. ^^

Iklan

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s