Camry: Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

By:

Pada jaman dahulu ada orang-orang berkendara menggunakan roda berbentuk kotak, bukannya bulat seperti sekarang ini. Seperti halnya roda yang awalnya dibuat berbahan dasar kayu yang dibentuk menjadi bulat, kini perkembangan alat transportasi terutama mobil sungguh luar biasa. Para pengembang berlomba-lomba menciptakan teknologi terdepan untuk semakin menarik pembeli. Mulai dari interior mobil hingga merambah ke eksteriornya. Harga mobil pun kini tak melulu mahal, karena kini telah mulai diluncurkan mobil murah yang dibandrol 90-100 juta saja.

Tapi untuk ukuran mobil murah, toyota juga sudah meluncurkan salah satu andalannya yaitu Toyota Agya. Desainnya yang mungil, cukup untuk mengantar Anda melesak di antara gang-gang sempit dan menyelinap di antara kemacetan.

Tidak kalah dengan Agya, Toyota juga memiliki produk unggulan lain, yaitu si sedan mewah Toyota New Camry. Sedan kelas mewah tersebut hadir pada April 2012 dengan tiga tipe yaitu 2.5 HV (hibrida), 2.5 V dan 2.5 G. Toyota New Camry kini tampil dengan desain eksterior yang cenderung menyudut, sangat cocok untuk mereka yang berkarakter berani dan penuh percaya diri.
New Toyota Camry
Namun bukan hanya tampilan luarnya yang memukau, ternyata Toyota mengeluarkan varian Camry terbaru yang dilengkapi dengan teknologi hybrid yang belum ada duanya yaitu Camry 2.5 HV. Camry tipe 2.5 HV merupakan tipe yang paling banyak menarik minat karena teknologi hybrid-nya. Penjualan New Camry di Amerika Serikat saja untuk bulan Maret 2012 telah mencapai 42.567 unit atau naik sekitar 30,5% dibandingkan Maret 2011. Hal ini menunjukkan tingginya animo permintaan terhadap Camry mobil Hybrid terbaik Indonesia ini. Toyota mobil hybrid sendiri sudah terjual lebih dari tiga juta mobil hybrid-nya yang berarti telah mengurangi emisi CO2 hingga 18 juta ton. Angka yang cukup fantastis tersebut terjadi karena mobil hybrid Toyota, termasuk Camry mobil Hybrid terbaik Indonesia, terbukti lebih eco-friendly dengan penghematan asupan BBM yang optimal.

Cara Kerja New Camry Hybrid

Teknologi mobil hybrid adalah teknologi yang menggabungkan antara kinerja motor listrik dan baterai mobil dengan bahan bakar minyak (BBM). Kedua komponen ini akan saling bersinergi memutar roda agar mobil berjalan. Saat mobil mencapai kecepatan di bawah 50 km/jam dan baterai mobil mulai habis, bahan bakar minyak baru akan difungsikan untuk mengoperasikan mesin mobil. Inilah sebabnya teknologi hybrid ini cukup digandrungi karena mampu menghemat konsumsi bahan bakar dan mengurangi polusi.

Toyota benar-benar serius menggarap mobil bersistem hybrid. Terbukti dengan munculnya New Camry Hybrid ini yang saat ini telah menjadikan Camry mobil hybrid terbaik Indonesia. Hybrid Synergi Drive (HSD) yang digunakan pada Toyota New Camry Hybrid merupakan produk teknologi besutan asli Toyota yang merupakan penyempurnaan dari Toyota Hybrid System (THS). Kelebihan HSD pada New Camry Hybrid mampu membuat mobil berjalan hanya menggunakan motor listrik saja sehingga menjadikan New Camry 2.5 HV sebagai “the real hybrid car” yang dapat dioperasikan tanpa bahan bakar sehingga dapat dipastikan bahwa Toyota mobil hybrid benar-benar ramah lingkungan. Sangat pantas apabila New Camry Hybrid dinobatkan sebagai Camry mobil Hybrid terbaik Indonesia, karena dengan kapasitas mesin 2500cc, asupan bahan bakar minyak pada New Camry sebagai mobil sedan hybrid benar-benar paling rendah di kelasnya.

Sistematika kerja teknologi Toyota mobil hybrid memang terbilang cukup mengesankan. Ketika mobil berhenti, mesin generator serta motor listrik berhenti bekerja. Saat itu mesin bahan bakar menyala dan memutar generator untuk mengisi baterai mobil. pada saat mobil mulai berjalan, mesin bahan bakar mati dan baterai mobil yang sudah terisi mendorong motor listrik untuk menyala dan menggerakkan roda mobil. Baterai sebagai pengisi daya motor listrik akan berfungsi sebagai tenaga penggerak utama saat mobil berjalan dalam kecepatan rendah konstan, sedangkan mesin bahan bakar hanya akan bekerja sesekali saja. Ketika mobil berada pada kecepatan penuh, motor listrik dan mesin bahan bakar berfungsi secara bersamaan untuk memutar roda mobil. Sedangkan pada kondisi penurunan kecepatan, motor listrik berfungsi sebagai generator kedua yang akan mengisi bahan bakar. Pada kondisi ini, roda mobil yang masih berputar akan menggerakkan motor listrik yang kemudian digunakan untuk mengisi daya baterai, sementara mesin bahan bakar mati.

 

New Camry: The Real Hybrid Car

yang mengatakan bahwa disamping keunggulan teknologi ramah lingkungannya, mobil hybrid memiliki banyak kelemahan. Namun untuk kelas mobil sedan hybrid, Camry 2.5 HV pantas diacungi jempol dengan performa mesin yang stabil pada kecepatan 160 km/jam. Bodi mobil yang menggunakan baja ultra high strength pada pilar A dan pilar B menambah kekuatan struktur bodi sehingga tidak limbung saat berada dalam kecepatan tinggi. Sektor kaki-kaki juga mengalami berbagai macam perbaikan yang membuat Camry mobil hybrid terbaik Indonesia melaju lebih stabil. Transmisi CVT pada New Camry Hybrid sendiri menambah kesan halus pada setiap perpindahan kecepatan. Meski menggunakan teknologi hybrid, performa mesin New Camry Hybrid yang agresif dapat dibuktikan dari setiap respon yang baik pada pijakan pedal akselerator.

2008-camry-hybride-i03

Sumber: www. v3.lakingtoyota.com

Secara eksterior, Camry mobil hybrid terbaik Indonesia tampil lebih berani dan sporty dengan berbagai perbaikan di sana-sini. Pada fitur lampu depan, terdapat tiga lampu proyektor LED sehingga pengemudi dapat melihat lebih jelas di kegelapan. Lampu kabut pada New Camry Hybrid juga diberi ruang lebih besar dibanding versi lamanya dengan posisi berada di pojok bumper.

eks

Pada interiornya, New Camry sebagai mobil sedan Hybrid tampil memanjakan mata dengan kursi kulit dan panel kayu yang terkesan mewah. New Camry Hybrid juga dilengkapi dengan fitur memori pada kursi pengemudi yang dapat menyimpan posisi ternyaman mana saat kita berkendara. Perangkat audio visual (terdapat kamera parkir) dan navigasi yang terletak di tengah dasbor yang tersambung pada sistem tata suara JBL Green Edge 8 speaker menghasilkan suara yang nyaring dan jernih. Sound system JBL Green Edge 8 Speaker ini sendiri telah dikembangkan Toyota bersama Harman International yang menghasilkan sound system mungil dengan kebutuhan energi kecil namun bersuara nyaring dan bening.

Untuk mendapatkan peforma lebih baik dengan energi yang lebih sedikit, Harman International memusatkan risetnya pada dua area yaitu High-voltage amplifiers baru yang membuat pasokan power lebih efisien sehingga menghasilkan output lebih besar sekaligus mengurangi konsumsi energy serta pembentukan panas. Dibandingkan pendahulunya, amplifier Toyota Camry baru memproduksi panas lebih sedikit, jadi tidak perlu lagi kipas pendingin.

Area kedua adalah high-efficiency loudspeaker baru yang merupakan redesain speaker yang di optimasi untuk konsumsi energy lebih sedikit, output akustik maksimum dan bobot minimal. Pada New Camry Hybrid, sepasang speaker belakang berukurang 6 inch x 9 inch diganti dengan sepasang speaker dengan diameter 3 inch dan subwoofer 7 inch x 10 inch. Meski hanya menggunakan rating 120 watt, namun kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus daripada sistem audio 600 watt.

Fitur lain yang ditambahkan pada New Camry Hybrid  terletak pada kursi penumpang bagian belakang yang dimanjakan dengan fasilitas reclining serta pemijat sehingga mengurangi kebosanan serta kelelahan saat berkendara jauh. Fasilitas Rear Seat Controller pada New Camry Hybrid juga memberikan keleluasaan pada penumpang untuk mengatur posisi kursi ternyaman.

int

Sedangkan untuk sistem keamanannya, New Camry sebagai mobil sedan Hybrid dilengkapi dengan GOA (global outstanding assessment) body structure yang didesain secara optimal untuk meminimalisir benturan besar saat terjadi kecelakaan.

Konsumsi BBM New Camry Hybrid tergolong cukup hemat sebagaimana terangkum oleh detikOto yang menggunakan untuk berputar di tengah kota Denpasar yang macet saja hanya menghabiskan bahan bakar 9,9 km/liter. Cukup irit bukan untuk mobil dengan kapasitas 2500cc? Maka pantas saja dengan bandrol harga di atas 500 jutaan, New Camry sebagai mobil sedan Hybrid memberikan kenyamanan terbaik di kelasnya. Untuk varian warnanya sendiri, New Camry Hybrid tersedia dalam 7 warna: White Pearl, Silver Metallic, Medium Silver Metallic, Dark Grey Metallic, Beige Metallic, Attitude Black Mika, True Blue. Tinggal pilih saja sesuai selera Anda. Toyota New Camry mobil Hybrid terbaik Indonesia, nyaman dikemudikan dan menyenangkan untuk dimiliki.

Iklan

4 pemikiran pada “Camry: Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s