Sadeng: Pelabuhan Eksotis di Balik Bukit

image

Kapal nelayan di Pantai Sadeng

Seperti janji saya sebelumnya, kali ini saya akan menceritakan pengalaman berwisata di pantai Gunung Kidul. Ada beberapa kawasan pantai di bagian timur Gunung Kidul yang layak menjadi destinasi wisata.

image

Sisi lain Pantai Sadeng

Sadeng. Pantai pelabuhan yang sangat indah ini menurut beberapa wacana yang beredar akan dijadikan wisata bahari oleh gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pantai Sadeng yang memiliki pesisir yang sama dengan pantai-pantai di Bantul dan Kulon Progo direncanakan menjadi gerbang pelabuhan utama wisata pantai Yogyakarta. Jika wacana ini terealisasi, tentu pariwisata di DIY akan semakin ramai.

Kunjungan kami ke Pantai Sadeng diawali dengan kekecewaan. Harapan akan melihat hamparan pasir putih yang luas pupus seketika. Rasa kecewa itu dibumbui lagi dengan jauhnya jarak yang ditempuh untuk mencapai Sadeng. Lebih dari 10 kilometer sepertinya jarak yang kami tempuh dari jalur utama gugusan pantai lainnya. Begitu tiba, kami disambut oleh puluhan kapal nelayan yang tengah merapat.

Entah perasaan saya saja atau setiap wisatawan yang ke pantai ini juga memiliki perasaan yang sama. Begitu menjejakkan kaki di pantai ini, kami langsung menjadi pusat perhatian para nelayan. Mereka mungkin merasa aneh ada orang yang berwisata di Sadeng. Maklum saja, hampir semua orang yang di sana adalah nelayan atau petugas polisi patroli air.

Setelah menjelajah berapa lama, sebuah arena kecil kami temukan untuk sedikit bermain air. Namun tempat kecil itu sangat eksotis dengan batu-batu besar dan tentu saja, pasir putih!

image

Bisa main air di sini, lho!

image

The Real of Pantai Sadeng

Susunan batu pemecah karang tampak kokoh berdiri di tengah-tengah laut, seolah menghadang gelombang besar yang akan menerjang pelabuhan. Pemandangan dari batu pemecah karang sangat indah. Seolah kita bisa melihat sisi lain dari Pantai Sadeng.

image

Jembatan pemecah karang

Kapal nelayan di Pantai Sadeng memang terlihat paling ramai dan lebih besar-besar dibandingkan dengan pantai lainnya seperti pantai Baron. Tidak heran, di sini Tempat Pelelangan Ikan terlihat masih ramai dan dipenuhi ikan-ikan besar yang beraneka macam. Menurut orang-orang, seafood dari Pantai Sadeng sangat enak. Namun sayangnya Sadeng minim fasilitas tempat makan.

image

TPI Pantai Sadeng

image

Area TPI

Pulang dari Sadeng kita bisa melihat tebing yang di bawahnya merupakan bekas aliran Sungai Bengawan Solo purba.

image

Mantan aliran Sungai Bengawan Solo

Iklan

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s