DIY Hidroponik: Membuat Polibag dan Vertikultur Sendiri

Belum lama berselang, owner 1langitbiru sedang gandrung dengan yang namanya raw food. Kalau buah, si owner doyan banget. Tapi kalau sayur, di-raw… bisa dihitung jari yang bisa masuk mulut. Mungkin semacam mentimun, wortel, tomat, kubis/kol, kacang panjang, masih masuk dalam kategori “aman” alias doyan. Tapi sayur berdaun hijau… membayangkan baunya yang langu, sudah membuat perut bergejolak.

Sampai bertemu FC, yang memaksa untuk mencoba segala macam sayur mentah, uang akhirnya memilih untuk di-jus. Mengkonsumsi sayur mentah memang sangat baik untuk tubuh, namun mengandung resiko adanya pestisida yang menempel bila tidak bersih dalam mencuci. Akhirnya, saya mengalah untuk membangun sendiri sebuah kebun mungil. Sayangnya, tanaman hidroponik saya sebelumnya banyak yang kutilang alias etiolasi karena sedikit kena sinar matahari pagi. Akhirnya semua saya semai tanaman baru di tempat baru. Kendala utamanya, tempat baru ini memang sangat bagus sinar mataharinya, hanya saja tempatnya cukup sempit. Akhirnya, saya mencoba membuat vertikultur sendiri dari botol air mineral bekas (biar lebih irit -skala rumah tangga- he…). Botol ini banyak bertebaran di rumah, sekalian belajar mengurangi limbah. An idea from pinterest (dengan sedikit perubahan).

image

Lubangi tutup untuk aliran nutrisi

image

Lubangi badan botol untuk meletakkan tanaman

image

Susun botol secara vertikal, rapatkan dengan selotip

image

Masukkan media tanam

image

Penampakan vertikultur "jejadian"

image

Letakkan tanaman di lubang tanam

image

Tidak keren, tapi cukup lah!

Selain vertikultur, saya juga membuat polibag sendiri untuk rumah si tomat ceri dan paprika. Saya gunakan lilin untuk merapatkan sambungan dan memberi beberapa lubang kecil untuk mengalirkab kelebihan air nutrisi saat penyiraman. Air nutrisi yang mengendap dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

image

Polibag perdana

Nah, itu dia cipta karya perdana. Yuk,menanamSelamat berkreasi, sahabat!

image

Iklan

2 pemikiran pada “DIY Hidroponik: Membuat Polibag dan Vertikultur Sendiri

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s