Udang Goreng Tepung: Krispi Anti Gagal

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Barangkali ini memang pepatah yang tepat untuk menggambarkan kesukaan anak-anak kami. Kadang kesukaan ayahnya yang mereka adopsi, kali lainnya, kesukaan saya yang menurun ke mereka. Namun kali ini, sengaja saya memasak kesukaan kami semua.

Yap, kami keluarga penggemar seafood (tepatnya pasangan, karena hanya jenis seafood tertentu yang dimasak tertentu yang disukai anak-anak). Setelah beberapa waktu mengandalkan tepung bumbu instan untuk urusan gorengan tepung, hasilnya sering mengecewakan. Ya keasinan lah, ya kurang krispi lah, ya kurang gurih lah. Akhirnya saya eksperimen sendiri setelah ngintip resep di cookpad, saya modifikasi sedikit dan taraa.. jadilah udang goreng tepung saya yang super krispi. Tekstur krispi yang renyah sudah 11-12 dengan fried chicken yang banyak dijual di luar. Renyah, gurih, dan tidak keras. Modifikasinya apa? Cuma hilangkan baking soda. Soalnya saya tidak punya. Saya pun hampir tidak pernah menggunakan bahan kimia dalam masakan saya. Termasuk penyedap rasa sekalipun.

Penasaran dengan resepnya? Sederhana saja, kok.

Bahan:

  1. 1/4 kg udang kupas ukuran sedang, sisakan ekornya
  2. Adonan basah: 1 butir telur dicampur dengan 2 1/2 sdm tepung terigu dan 1/2 sdm tepung beras. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Kocok rata. Adonan jangan sampai terlalu cair.
  3. Adonan kering: 3 1/2 sdm tepung terigu ditambah 1 1/2 sdm tepung beras. Tambahkan garam secukupnya.
  4. Masukkan udang kupas ke adonan basah. Kemudian gulingkan ke adonan kering. Tepuk-tepuk udang sambil ditekan-tekan ke dalam tepung. Lakukan sekitar 3 hingga 4 kali gulingan sampai permukaan udang tertutup. Celupkan lagi ke adonan basah, kemudian gulingkan lagi ke adonan kering sambil ditepuk dan ditekan.
  5. Goreng udang dengan api besar dan dalam minyak panas yang banyak. Goreng satu-satu agar matang sempurna.
  6. Tiriskan lalu taruh di atas tissu agar minyak terserap sempurna sehingga kerenyahan tetap terjaga.

Mohon maaf karena saya tidak mengetahui berapa lama kekrispian bisa bertahan karena sudah keburu habis oleh pasukan kecil kami yang baru berbuka puasa. Tapi melihat strukturnya, insyaallaah lebih awet krispinya dibanding tepung bumbu bermerk yang biasa saya pakai.

Berhubung saya bukan pakar memasak, saya menerima saran dan kritik demi masakan yang lebih enak lagi. Selamat mencoba dan semoga resep singkat ini bermanfaat.

6 pemikiran pada “Udang Goreng Tepung: Krispi Anti Gagal

  1. kalo saya terigu, telur, terigu mbak. kalau pas ada maizena, terigu kedua ditambah maizena.

    pernah saya nyobain telur saya ganti air. eee…ga crispy hihihi…

    biar ngirit maksudnya ternyata ga bisa.

Beri Tanggapan

