Sejuta Kenangan (Darimu)

image

Hari ini, meski usiamu baru genap lima, engkau perdengarkan kepada kami surat An-Naba’ dengan lancar tanpa salah satu ayat pun (lupakan tentang makhraj hurufnya, karena ibu pun belum bisa sepenuhnya sempurna).

Prestasi yang mungkin biasa saja untuk yang lain, wahai anakku.
Tapi bagi ibu semua yang engkau raih saat ini sangat membanggakanku bahkan lebih dari itu, menyesakkan dan membuatku terharu. Di antara teman-temanmu, suaramulah yang paling keras membahana. Ibu tahu perjuanganmu menghafalkannya tidaklah mudah. Setiap saat engkau selalu berkata, “Ibu, dengarkan aku. Aku mau membaca An-Naba’.”

Hari ini, di atas panggung ini, ibu merasa bahagia hingga ingin menangis. Melihat pancaran matamu yang selalu mencari-cari ibu di antara para orangtua lainnya. Seolah ingin memastikan bahwa ibu selalu melihatmu. Ya, ibu selalu melihatmu. Karena engkau berada di barisan paling depan. Hanya delapan anak yang hafal, dan engkau salah satu di antaranya. Bagaimana ibu tidak bahagia? Bahkan suaramu paling keras, seakan menggetarkan gedung ini. Bagaimana tidak menggetarkan, engkau mengaji sambil berteriak padahal mic itu sudah ada di dekat mulutmu.

Saat namamu disebut di deretan anak berprestasi, ibu selalu berdo’a, jangan pernah sombong, Sayangku. Ilmu itu lebih pantas engkau syukuri, bukan engkau banggakan agar engkau bisa beramal dengannya. Berterimakasihlah pada gurumu, Nak. Sungguh banyak jasa mereka atasmu. Sampai kini, ibu senantiasa berdo’a untukmu, jadilah anak shalihah. Bawalah dirimu dan anak-anakmu menuju surga Allah Ta’ala. Juga, jangan lupakan ayah dan ibu dalam do’amu.

Hanya senyum dan haru tertahan saat engkau membawa semua hadiahmu dan mengalungkan pita wisudamu kepada ibu sambil berkata, “ini untukmu, Ibu.”
Terima kasih. Jazaakillaahu khairan. Baarakallaahu fiik, Sayangku.

Ibu selalu bangga padamu.

– Ibu –

Iklan

Beri Tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s